RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)
RKH
merupakan penjabaran dari rencana kegiatan mingguan (RKM).RKH memuat kegiatan-kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun kalsikal
dalam satu hari.RKH terdiri atas :
1. Kegiatan pembukaan (awal)
Merupakan kegiatan untuk pemanasan dan
dilaksanakan secara klsikal.Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain,
berdoa/mengucap salam, membicarakan tema atau sub tema dan sebagainya.
2. Kegiatan inti
Merupakan kegiatan yang dapat mengaktifkan
perhatian anak, kemampuan, sosial dan emosional anak.Kegiatan ini dapat dicapai
melalui kegiatan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan
bereksperimen sehingga dapat memunculkan inisiatif , kemandirian dan
kreativitas anak, serta kegiatan yang dapat meningkatkan pengertian-pengertian,
konsentrasi dan mengembangkan kebiasaan bekerja dengan baik.Kegiatan inti
merupakan kegiatan yang dapat dilaksanakan secara individual atau kelompok.
3. Istirahat/makan
Merupakan kegiatan yang digunakan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan
dengan makan, misal mengenal kesehatan, makanan yang begizi,tata tertib makan
yang diawali dengan cuci tangan kemudian makan dan berdoa sebelum dan sesudah
makan.Setelah makan, anak melakukan kegiatan bermain dengan alat permainan
diluar kelas dengan maksud untuk mengembangkan motorik kasar anak dan
bersosialisasi. Kegiatan ini disesuaikan dengan kemauan anak, anak makan
kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain dahulu kemudian bermain.
4. Kegiatan penutup
Merupakan kegiatan penenangan yang
dilaksanakan secara klasikal.Kegiatan yang dapat diberikan pada kegiatan
akhir,misalnya membaca cerita dari buku,mendramatisasikan suatu
cerita,mendiskusikan kegiatan satu hari atau menginformasikan kegiatan esok
hari, bernyanyi, berdoa dan sebagainya.
RKH
terbagi menjadi 2 bentuk yaitu:
·
RKH model pembelajaran kelompok
·
RKH model pembelajaran berdasarkan minat
§
Komponen
RKH
1)
Hari, Tanggal dan waktu
2)
Indikator
3)
Kegiatan pembelajaran
4)
Alat/sumber belajar
5)
Penilaian perkembangan peserta didik
§
Langkah menyusun RKH model pembelajaran kelompok
1)
Memilih indikator sesuai dengan RKM untuk
dimasukan kedalam RKH.Penulisan indikator dalam RKH dilengkapi diberi
keterangan “bidang pengembangan”
2)
Memilih kegiatan yang sesuai dalam RKM untuk
mencapai indikator yang dipilih dalam RKH
3)
Memilih kegiatan kedalam kegiatan awal,kegiatan
inti dan kegiatan akhir.Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran dibagi ke
dalam kelompok sesuai dengan program yang direncanakan
4)
Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang
dipilih
5)
Memilih alat/sumber yang dapat menunjang
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
6)
Memilih dan manyusun alat penilaian yang dapat mangukur
ketercapaian indikator
7)
Merencanakan penataan lingkungan belajar dan
bermain
§
Langkah menyusun RKH model pembelajaran
berdasarkan minat
1)
Memilih dan menata kegiatan ke dalam RKH
2)
Memilah kegiatan yang dipilih ke dalam kegiatan
awal,kegiatan inti dan kegiatan akhir
3)
Pada kegiatan inti,kegiatan pembelajaran
disesuaikan dengan minat (area) yang akan dilaksanakan
4)
Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang
dipilih
5)
Memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
makasih infonya...
BalasHapusblognya lumayan bagus,,, terus berkreasi ya, biar tambah manizz...
:)